Rabu, 11 April 2012

Mata Lelah? Merah? Ini Solusinya Nya


Penyebab Mata Lelah

       Sebelum membahas Tips Mengatasi Mata Lelah, alangkah lebih baik kita lihat terlebih dahulu penyebab Mata lelah. Ada banyak penyebab terjadinya mata lelah, namun secara umum diklasifikasikan menjadi 3 kategori, yaitu:

  1. Lingkungan, seperti stres di tempat kerja, rumah dan lingkungan yang bising sehingga waktu tidur berkurang. Selain itu tekanan ke mata juga bisa diakibatkan terlalu lama menatap komputer, terlalu lama membaca di tempat redup tanpa menggunakan kacamata atau lensa kontak, pasokan oksigen yang tidak memadai, polusi dan asap rokok.
  2. Pola makan, kurangnya asupan air dan beberapa vitamin seperti vitamin B12, D dan K bisa berkontribusi menyebabkan mata lelah.
  3. Keturunan dan fisiologi, faktor genetik kadang memberikan pengaruh meski tidak terlalu besar dan usia yang bertambah menyebabkan penipisan dan otot-otot mata yang kendur.

       Gejala yang paling umum apabila mata lelah adalah mata berair, terasa berat, kemerahan, mata kering, penglihatan kabur atau ganda, iritasi dan lebih peka terhadap cahaya.


      Duduk di depan komputer dalam ruang ber-AC kabarnya dapat membuat mata menjadi kering. Pendapat ini benar adanya karena memelototi komputer untuk waktu yang lama membuat mata lebih jarang terlumasi. Apalagi ditambah terpaan angin dari AC membuat cairan mata lebih cepat kering.

      Pekerja kantoran seringkali harus memandangi layar komputer untuk waktu yang lama dengan posisi duduk yang salah,

akibatnya persebaran kekuatan otot-otot punggung tidak terdistribusi secara merata dan membebani tubuh, akhirnya badan menjadi cepat lelah, ujung-ujungnya, bagian yang paling terpengaruh adalah mata.

      "70% bagian otak berhubungan dengan mata, yaitu daerah korteks serebral. 

Proses belajar dan mengingat juga berkaitan dengan mata. Jadi mata sangat mudah terpengaruh oleh kondisi fisik tubuh," kata dr Gilbert WS Simanjuntak, Sp.M(K), dokter mata dan bedah retina RS PGI Cikini dalam acara diskusi publik yang diselenggarakan radio KBR68H di Kedai Tempo, Utan Kayu, Jakarta, Selasa (10/4/2012).

      Kelelahan yang dialami pada mata tersebut sebenarnya juga berasal dari kelelahan fisik, dan sebaliknya. Ditambah dengan mata kering akibat terkena AC dan lama menatap komputer, maka mata terasa cepat lelah.

Untuk mengatasinya, dr Gilbert menyarankan agar tidak menghadapkan AC atau kipas angin ke arah mata. 

Selain itu, pastikan postur duduk yang tegak agar otot punggung tidak cepat capek. Kalau perlu, 
gunakan kaca mata yang lebar untuk menahan terpaan angin dari AC atau kipas angin. 

      Apabila mata terasa lelah, istirahatkan mata dengan memejamkan mata selama 5 menit. Terakhir, rajin berolahraga untuk memperkuat otot dan melancarkan peredaran darah ke mata.

      "Tingkat kelelahan dan seberapa lama waktu yang dihabiskan hingga mata menjadi lelah berbeda-beda pada setiap orang. Cara sederhana lainnya untuk mengatasi mata lelah adalah melihat dengan jarak yang jauh. Dengan melihat benda jauh seperti melihat keluar gedung atau pemandangan akan membuat otot mata lebih rileks", kata dr Gilbert.

      Penelitian menunjukkan bahwa orang yang bekerja di tempat sempit lebih cepat lelah dibanding orang yang bekerja di tempat luas. Jadi jika merasa lelah di kantor, 

pejamkan mata selama 5 menit atau berjalan-jalanlah sebentar sambil melihat pemandangan di luar.


Tips Mengatasi  Mata lelah Secara Alami:

1. Mengompres mata dengan handuk atau tisu dingin, caranya : Rendamlah kain, handuk atau tisu ke dalam air dingin lalu tempatkan di mata, setelah beberapa saat angkat handuk dan ulangi lagi hingga mata terasa segar. Cara ini juga bisa membantu menghilangkan mata gatal.

2. Mencuci mata dengan air dingin beberapa kali sehari bisa membantu merilekskan mata dan mengurangi ketegangan yang memicu kelelahan.


3. Menempatkan sendok dingin di mata. Salah satu pengobatan rumah yang sederhana untuk mata lelah adalah meletakkan dua sendok ke mata yang sebelumnya sudah ditaruh di dalam lemari es.


4. Menempatkan irisan mentimun, kentang atau strawberry di mata, caranya potong mentimun atau kentang menjadi irisan lalu tempatkan di mata selama 15-20 menit. Bisa juga dengan meletakkan strawberry yang sebelumnya sudah disimpan di lemari es beberapa saat di kelopak mata sambil terpejam.


5. Menggunakan kantong teh dingin, caranya Seduh 2 kantong teh ke dalam rebusan air di panci kecil, setelah mendidih matikan lalu dinginkan untuk mengeluarkan panasnya. Setelah kantong teh benar-benar dingin, tempatkan di mata dan buatlah kondisi rileks.


6. Merendam kapas bola dengan susu dingin atau air mawar, caranya Ambil semangkuk susu dingin atau air mawar, lalu celupkan kapas bola ke dalamnya. Setelah itu letakkan di kelopak dengan posisi mata tertutup.


       Agar
tips mengatasi mata lelah secara alami menjadi lebih sempurna, alangkah baiknya mengkonsumsi makananan yang diperlukan oleh mata


Makanan Yang Diperlukan Oleh Mata

      Mata adalah salah satu dari Panca Indera kita yang perlu dijaga dan dirawat agar tetap berfungsi dengan baik. Agar mata tetap sehat diperlukan makanan yang yang bernutrisi yang sesuai dengan kebutuhan mata. Ada sejumlah zat gizi penting yang memberi manfaat optimal bagi kesehatan mata, salah satunya adalah antioksidan.

       Vitamin C, E, dan A tergolong vitamin kaya akan antioksidan yang dapat membantu mencegah gangguan mata terkait dengan usia dan penyakit mata lainnya. Selain itu, mineral seperti selenium dan zinc juga membantu penyerapan antioksidan.

       Sumber antioksidan dapat diperoleh dari buah dan sayur dengan warna cerah, seperti wortel, labu, ubi jalar, anggur, jeruk, dll. Konsentrasi antioksidan lebih melimpah dalam bentuk mentah.

       Meski demikian, hendaknya asupan antioksidan tidak dalam jumlah berlebihan.

* Vitamin A


       Dapat diperoleh dari hati, telur, dan sayur seperti wortel maupun bayam. Vitamin A ini penting dalam fungsi retina, juga membantu, mata beradaptasi dengan cahaya terang dan gelap. Vitamin A mengurangi risiko terbentuknya katarak dan degenerasi makular terkait usia.

* Vitamin C


       Selain memperkuat tulang dan otot serta menjaga kesehatan gigi dan gusi, vitamin C juga penting dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin C mampu mengurangi risiko katarak dan degenerasi makular. Sumber vitamin C dapat dijumpai pada jeruk, stroberi, brokoli, dan paprika.

* Vitamin E


       Vitamin E dikaitkan juga dengan pencegahan katarak dan memperlambat perkembangan katarak. Kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, serta produk yang diperkaya vitamin E adalah sumber vitamin E yang baik.

* Selenium dan zinc


       Dua komponen ini menjadi mineral kunci untuk membantu proses oksidasi. Mineral tersebut membantu tubuh menyerap antioksidan. Kecukupan mineral ini dalam makanan sehari-hari juga membantu mencegah penyakit mata.

       Selenium dapat dijumpai pada makaroni dan keju. Sementara zinc bisa diperoleh dari keju, yogurt, daging merah, dan beberapa sereal yang diperkaya dengan mineral zinc. (Kompas dot Com)




Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3

Artikel Terkait

Tidak ada komentar: