Rabu, 18 April 2012

Tanda Anda Akan Terkena Serangan Jantung


Tidak Semua Serangan Jantung Sama



      Tahukah Anda bahwa Anda dapat memiliki serangan jantung dan tidak merasa sakit dada?  
Gagal jantung dan penyakit jantung tidak menunjukkan tanda-tanda yang sama untuk semua orang, khususnya perempuan. Sebuah serangan jantung, secara medis dikenal sebagai Infark Miokard, terjadi ketika darah beku menyumbat aliran darah ke jantung.

       Ada banyak hal yang dapat berkontribusi terhadap serangan jantung, termasuk usia, faktor keturunan, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, obesitas, pola makan yang buruk, konsumsi alkohol, stres, dan kurangnya aktivitas fisik.

       Untuk mengenali potensi serangan jantung sesegera mungkin, kenalilah peringatan tanda-tanda serangan jantung berikut ini.



Kelelahan & Sesak Nafas


      Kelelahan dan sesak napas, dua cara tubuh Anda memberitahu Anda perlu istirahat, tetapi juga dapat menjadi tanda gangguan jantung sebagai respon terhadap stres tambahan pada jantung Anda. Jika Anda sering merasa lelah atau kelelahan tanpa alasan, itu bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang salah.

Kelelahan dan sesak napas lebih sering terjadi pada wanita dan mungkin mulai beberapa bulan sebelum serangan jantung.



Sering Berkeringat Siang & Malam Hari


      Lebih berkeringat dari biasanya-terutama jika Anda tidak berolahraga atau menjadi aktif-bisa menjadi tanda peringatan awal masalah jantung. Memompa darah melalui arteri tersumbat membutuhkan usaha lebih dari hati Anda, sehingga tubuh akan berkeringat lebih banyak untuk mencoba untuk menjaga suhu tubuh Anda turun selama pengerahan tenaga ekstra. Jika Anda mengalami keringat dingin atau kulit basah, maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda.

Berkeringat di malam hari juga merupakan gejala yang umum bagi perempuan yang mengalami masalah jantung.



Gangguan Pencernaan, Mual & Muntah 


      Sering kali orang mulai mengalami gangguan pencernaan ringan dan masalah gastrointestinal (Berhubungan dengan lambung dan usus) lainnya sebelum serangan jantung. Karena serangan jantung biasanya terjadi pada orang tua yang biasanya memiliki masalah gangguan pencernaan lebih, gejala ini sering disalah artikan sebagai mulas atau komplikasi lain yang berhubungan dengan makanan.

Jika Anda biasanya memiliki perut besi, gangguan pencernaan, atau mulas, dapat menjadi sinyal bahwa sesuatu yang lain sedang terjadi.
 



Nyeri Dada, Tekanan, & Perasaan Tidak Nyaman


      Sementara nyeri dada tidak terjadi pada setiap serangan jantung, mereka adalah gejala yang paling mudah dikenali. Dada sesak dan tidak nyaman adalah tanda umum dari serangan jantung. Orang-orang menggambarkan sensasi seperti gajah sedang berdiri di dada mereka. Jika Anda mengalami sakit dada atau sesak, Anda atau orang di sekitar Anda harus memanggil 911 segera. 


Rasa Nyeri Lainnya Di seluruh Tubuh
 


       Rasa sakit dan sesak juga dapat memancar di daerah lain dari tubuh. Kebanyakan orang salah mengasosiasikan tanda serangan jantung sebagai rasa nyeri biasa yang terjadi di bawah lengan kiri. Itu memang bisa terjadi, tapi yang membedakan, rasa sakit juga muncul di lokasi lain, termasuk:

atas perut
bahu
punggung
tenggorokan
gigi atau rahang
.



Selama Serangan Jantung 


       Jika Anda berpikir Anda mengalami serangan jantung, Anda atau orang terdekat harus memanggil 911 dengan segera. Jika Anda telah diresepkan obat jantung dan mempunyai pengalaman masalah jantung, ikuti petunjuk dokter. Bahkan sesuatu yang sederhana seperti mengambil aspirin dapat mencegah bekuan menjadi lebih buruk. Jika perawatan penyumbatan dapat diberikan dalam waktu beberapa jam dari timbulnya gejala, risiko kerusakan parah pada jantung diturunkan. 


Memulai Pada Solusi


      Jika Anda berada pada risiko untuk serangan jantung dan penyakit jantung, penting untuk membuat pilihan cerdas dengan diet, olahraga, dan manajemen stres. Lihat berbagai sumber untuk menemukan informasi yang Anda butuhkan.




Sumber 1
Sumber 2

Artikel Terkait

Tidak ada komentar: